Wow, LG Patenkan Smartphone dengan 16 Kamera Utama Sekaligus

JawaPos.com – Tren banyak kamera pada smartphone semakin menggila. Tak tanggung-tanggung, kini LG mematenkan desain smartphone dengan 16 kamera utama sekaligus. Adapun ke-16 kamera utama smartphone itu disebut sebagai kamera heksadesimal.

Sebagaimana laporan LetsGoDigital, yang JawaPos.com kutip pada Senin (26/11), paten smartphone LG dengan 16 lensa itu terdaftar sejak 20 November lalu di United States Patent and Trademark Office (USPTO) atau Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (AS). Paten ini menggambarkan smartphone LG dengan 16 lensa atau kamera yang diatur dalam pengaturan matriks.

Dalam paten tersebut tampak lensa ditempatkan di kelengkungan tertentu dalam pengaturan matriks. Hal ini memungkinkan lensa yang berbeda dapat mengambil foto dari berbagai perspektif. Beberapa skenario foto yang mungkin bisa dilakukan pengguna. Bahkan kabarnya pengguna dapat memilih salah satu dari 16 lensa untuk mengambil foto yang diinginkan.

LG 16 Kamera, LG Smartphone, LG smartphone 16 KameraPaten desain smartphone dengan 16 kamera utama yang diajukan LG. (Istimewa/LetsGoDigital)

Selain itu, pengguna juga dapat mengambil foto dengan banyak lensa pada saat yang bersamaan. Artinya, memungkinkan pengguna untuk menggunakan 16 lensa secara keseluruhan dalam satu foto.

Setelah foto diambil kemudian pengguna dapat memilih foto terbaik dari jajaran foto yang ada. Bisa pula menggabungkan foto-foto yang diambil dengan lensa-lensa terpisah untuk keperluan gambar tertentu.

Di bagian belakang smartphone LG dengan 16 kamera utama ini terdapat flash dan cermin yang ditempatkan di luar area kamera. Cermin berfungsi dengan kamera belakang untuk memotret selfie atau swafoto.

Mengapa tidak berswafoto di kamera depan? Jawabannya karena kamera utama memberikan kualitas gambar yang lebih baik daripada kamera depan.

LG 16 Kamera, LG Smartphone, LG smartphone 16 KameraPaten desain smartphone dengan 16 kamera utama yang diajukan LG. (Istimewa/LetsGoDigital)

Kemudian dengan membuat potret diri dengan kamera utama, selfie berkualitas tinggi dapat diambil. Kamera depan dipertahankan karena berguna dalam beberapa kasus, seperti ukuran file tidak begitu besar, sehingga berbagi gambar ke pengguna lainnya lebih mudah karena ukuran file kecil. Selain itu, kamera depan tetap berfungsi ketika melakukan panggilan video.

Paten itu juga menjelaskan kemungkinan pengintegrasian touchpad atau display di belakang. Ini tidak dapat ditemukan pada sketsa. Selanjutnya, ada pula sebuah unit output audio ditempatkan di bagian belakang. Speaker ini bekerja bersama dengan speaker depan dan menghasilkan suara stereo.

Soal smartphone dengan 16 kamera, LG sejatinya bukanlah yang pertama. Sebab, status smartphone dengan 16 kamera utama pertama telah dipegang awal tahun ini oleh pabrikan bernama Light. Namun, smartphone Light L16 dengan 16 kamera utama yang telah dirilis kabarnya bukan merupakan ‘smartphone’ yang sebenarnya. Ada perbedaan besar yang membuatnya agak kurang pas disebut sebagai smartphone.

LG 16 Kamera, LG Smartphone, LG smartphone 16 KameraPaten desain smartphone dengan 16 kamera utama yang diajukan LG. (Istimewa/LetsGoDigital)

Sementara paten LG dengan smartphone 16 lensa tersebut patut diapresiasi. Sebab pabrikan Korea Selatan itu selain produk home appliances-nya yang dikenal inovatif, produk smartphone-nya pun demikan. LG adalah salah satu produsen smartphone pertama yang memperkenalkan smartphone dengan kamera ganda.

Pada awal 2011 ketika LG Optimus 3D diperkenalkan, kamera ganda memungkinkan untuk menambahkan efek 3D ke foto. Butuh waktu hingga 2016 sebelum kamera ganda menjadi tren nyata. Sekali lagi LG menjadi yang terdepan dengan LG G5 yang memperkenalkan kamera dual pertama dengan lensa standar dan lensa wide-angle 135 derajat.

Sumber:  LetsGoDigital

(ryn/JPC)