Ternyata Ini Alasan G-Shock Belum Mau Rilis Smartwatch

JawaPos.com – Casio lewat line-up G-Shock-nya baru saja membesut tiga produk terbaru. Ketiga produk tersebut adalah sportwatch GBA-800, GBD-800, dan Baby-G BSA-B100 yang masuk dalam seri G-Squad.

Kendati dapat terkoneksi dengan smartphone melalui aplikasi dan dapat berinteraksi dengan pengguna lebih dari arloji pada umumnya, namun produk tersebut bukanlah smartwatch melainkan sportwatch. “Ini adalah sportwatch, segmen yang dituju tentu bagi orang yang suka olahraga atau pegiat healthy lifestyle,” ujar Business Relation Manager Casio Singapore and Jakarta Representative Office, Destria di acara peluncuran sportwatch terbaru G-Shock di Jakarta, Kamis (6/12).

Menurut Destria, jam ini berbeda dengan smartwatch lantaran fungsinya yang memang membantu pengguna spesifik untuk berolahraga. “Ini ada step tracker, 3-axis akselerometer, dan penghitung jumlah kalori yang terbakar. Jadi ini beda dengan smartwatch kompetitor yang ada GPS, maps, dan fitur yang lain,” terangnya.

Terkait dengan kompetitor yang gencar merilis produk smartwatch yang fungsinya bisa lebih dari sekadar step tracker atau penghitung kalori, G-Shock sampai saat ini memang belum memiliki produk sejenis tersebut. Destria mengaku bahwa hal tersebut belum ingin dilakukan lantaran pihaknya ingin menjaga ciri khas dan identitas Casio G-Shock.

“G-Shock kan terkenal kuat, baterainya bisa tahan tahunan. Kalau kita buat smartwatch, otomatis identitas G-Shock hilang. Baterainya bisa jadi boros, ketahanannya bisa tak setangguh G-Shock saat ini. Kalau sportwatch terbaru ini masih bisa dibuat bertahan selama dua tahun ketahanan baterainya,” katanya.

Kemudian menanggapi kompetisi, Casio dengan G-Shock-nya mengaku pede bersaing sekalipun dengan vendor smartwatch. Hal tersebut dikatakan karena G-Shock memiliki kostumer loyal dan fans base yang kuat. Diketahui, G-Shock saat ini telah berusia 35 tahun hadir di pasaran.

Lalu kapan G-Shock akan merilis smartwatch? Menjawab tanya tersebut, Destria masih belum memastikan kapan G-Shock akan memiliki varian smartwatch. “Belum tahu, hingga tahun 2019 mendatang kemungkinan masih belum merilis smartwatch,” pungkasnya.

(ryn/JPC)