Soal Smartphone Multilensa Huawei dan Samsung, Oppo: Tidak Berminat

JawaPos.com – Tren smartphone dengan set-up banyak kamera agaknya belum merasuki vendor smartphone satu ini, Oppo. Meluncurnya smartphone dengan jumlah kamera lebih dari dua, seperti Huawei P20 Pro dan Mate 20 Series dengan tiga kamera utama atau bahkan Samsung Galaxy A9 dengan empat kamera utama sekaligus, rupanya belum membuat Oppo tergiur menghadirkan produk serupa.

Public Relation Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto mengungkapkan, alasan Oppo tidak atau belum berminat mengusung teknologi smartphone dengan banyak kamera karena berdampak pada persoalan harga perangkat di pasaran. “Nambah kamera akan membuat harga akan semakin mahal dan akan mempengaruhi segman pasar kita juga,” ujarnya usai meluncurkan smartphone terbaru Oppo A7 di Jakarta baru-baru ini.

Market Oppo, lanjut Aryo, lebih umum kepada persoalan baterai. Menurutnya, sekarang setelah era kamera berlalu, top of mind konsumen lebih ke arah daya tahan baterai. “Bisa nggak sih ngecas lebih cepet. Bisa nggak sih tahan lebih lama. Ada pergeseran kebutuhan konsumen yang dari era kamera menjadi lebih mementingkan baterai,” imbuhnya.

Oppo A7, Oppo Smartphone Multilensa, Oppo A7 hargaSmartphone terbaru Oppo A7. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Lebih jauh, persoalan memperbanyak kamera, Aryo menyebut sebagai produsen smartphone, Oppo bisa saja melakukan hal tersebut.
Namun bicara jumlah kamera pada smartphone, Menurutnya, inovasi tersebut terlalu segmented. Artinya, smartphone multilensa tidak bisa diterima oleh banyak orang. Sementara Oppo mengaku produknya ingin dinikmati oleh banyak orang.

Meski Oppo untuk saat ini mengaku tidak tertarik membuat produk smartphone dengan banyak kamera, namun Aryo mengaku tidak menutup diri atas kemungkinan merilis produk smartphone dengan teknologi tersebut. Aryo menyebut Oppo ‘mungkin’ akan membuat produk smartphone dengan banyak kamera jika memang benar-benar dibutuhkan dan ada inovasinya.

“Tertarik kalau itu bisa membawa inovasi. Tetapi kalau itu hanya menambah jumlah dan memisahkan fungsi lensa-lensa seperti lensa wide, lensa biasa atau lensa lainnya itu tidak ada inovasinya. Itu kan (lensa wide dan lensa lainnya) sudah ada dari lama. Cuma kita perlu suatu inovasi,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Oppo Indonesia baru saja menghadirkan produk terbaru Oppo A7. Oppo A7 dilepas dengan harga Rp 3,6 jutaan dan menyasar market smartphone di kelas menengah ke bawah. Oppo A7 dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 450 dengan RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Dari segi kamera, Oppo A7 membawa dual kamera utama dengan kemampuan 13 + 2 MP. Sementara untuk kamera depan perangkat ini dibekali dengan kamera 16 MP.

(ryn/JPC)