Samsung Galaxy S10 Kantongi Sertifikat Perangkat di Rusia

JawaPos.com – Perangkat smartphone andalan Samsung dari seri teratas Galaxy S kembali menyita perhatian. Ya, Samsung Galaxy S10 kembali membawa rumor terbaru. Kali ini, perangkat tersebut dikabarkan telah mengantongi sertifikat oleh regulator di salah satu negara di Benua Eropa Timur.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman GSMArena, Rabu (28/11), smartphone suksesor Galaxy S9 itu dikabarkan telah melewati tahapan sertifikasi perangkat oleh regulator di Rusia. Lebih spesifik, tahapan sertifikasi yang berhasil dilewati Samsung itu kabarnya merupakan varian teratas dari Galaxy S10, yakni Galaxy S10 Plus.

Kabar soal Galaxy S10 Plus yang berhasil melewati tahapan sertifikasi di Rusia sendiri mengacu pada penamaan model perangkat tersebut. Pada gambar terlihat model-model tersebut tercantum dalam nomor yang berbeda. Ketiga nomor model tersebut adalah SM-G975F, DS SM-G975F, dan SM-G975X.

Samsung Galaxy S10, Samsung Sertifikat Rusia, Samsung Galaxy S10 meluncurSertifikasi perangkat dari regulator perangkat telekomunikasi di Rusia diduga untuk Galaxy S10 Plus. (Techieride)

Keyakinan perangkat tersebut adalah Galaxy S10 Plus lantaran di masa lalu, semua varian’Plus’ biasanya berakhir dengan angka ‘5’ di belakang nomor model perangkat-perangkat Samsung. Sementara akhiran angka yang tidak memakai angka ‘5’ disebut sebagai varian reguler yang bergantung pada wilayah pemasaran perangkat.

Selain nomor model atas perangkat yang telah disertifikasi, lampiran gambar tersebut tidak mengungkap hal lain seperti spesifikasi perangkat. Hal itu agaknya wajar. Sebab, memang masih terlalu dini untuk memberi tahu spesifikasi dan desain akhir dari Galaxy S10. Kendati begitu, rumor yang ada sejauh ini menunjukkan bahwa Galaxy S10 akan hadir dengan Qualcomm Snapdragon 8150 atau Samsung Exynos 9820, tergantung pada wilayahnya.

Rumor lain termasuk konektivitas 5G, pilihan penyimpanan 512 GB, dan analis mengklaim bahwa tingkat penuh akan memiliki RAM 12 GB juga disebut bakal hadir pada perangkat papan atas ini. Selain itu, dukungan konektivitas 5G dan desain case belakang berlapis keramik (pada varian tertentu) juga akan dihadirkan Samsung pada produk besutannya ini.

Untuk tanggal rilis, Samsung biasanya meluncurkan perangkat Galaxy S antara Februari dan April. Banyak pihak mengharapkan Galaxy S10 rilis di gelaran Mobile World Congress (MWC) di Barcelona (yang biasanya berlangsung pada akhir Februari), tetapi akhir-akhir ini tren terlihat berubah. Beberapa pembuat ponsel pintar lebih memilih menyelenggarakan acara besar secara independen ketimbang ikut dalam pameran dagang besar.

(ryn/JPC)