Paten Samsung Desain Layar Penuh Terungkap, Dipakai Galaxy S10?

JawaPos.com – Topik soal Samsung Galaxy S10 semakin hangat diperbincangkan. Terbaru, Samsung kedapatan mematenkan beberapa desain layar penuh serta memublikasikan salah satu gambar model yang disebut bakal hadir sebagai layar Samsung Galaxy S10.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman LetsGoDigital, Sabtu (17/11), gambar dari Samsung Electronics menunjukkan desain layar penuh. Ada pula lubang kecil di sisi kiri atas layar yang ditujukan sebagai lubang kamera. Itu terlihat keren. Gambar-gambar itu digunakan Samsung Electronics dalam paten desain yang diterapkan pada Sistem Desain Internasional Den Haag, Belanda.

Dalam paten tersebut, perusahaan asal Korea Selatan (Korsel) itu mengajukannya sebagai paten desain industri. Dengan demikian, setelah persetujuan diajukan dan diterima, maka secara otomatis paten tersebut akan diterima oleh 70 negara berbeda. Paten itu sendiri hanya terdiri dari materi visual, tidak ada penjelasan tertulis yang ditambahkan.

Samsung Layar Penuh, Samsung Galaxy S10, Galaxy S10 Layar PenuhPaten layar Samsung yang terungkap. (LetsGoDigital)

Selain desain layar dengan lubang di sisi kiri yang disebut sebagai lubang tempat kamera, paten lainnya yang ditampilkan Samsung adalah deretan panel-panel layar lain yang tidak kalah revolusioner. Menariknya, keselurhan paten yang ditampilkan menunjukan desain dengan layar yang benar-benar penuh. Rata-rata desain menampilkan layar dengan konsep edge-to-edge seperti yang hadir pada seri Note.

Seperti pernah diberitakan sebelumnya, Samsung memang concern terhadap teknologi layar. Alih-alih mencari penempatan kamera selfie yang masih menjadi permasalahan kebanyakan vendor dalam pengembangan layar penuh, Samsung justru disebut memiliki ide soal menyembunyikan kamera selfie di balik layarnya. Ya, akan ada kamera di balik panel layar seperti teknologi fingerprint di dalam layar yang sudah ada di pasaran.

Adapun soal topik kamera di balik layar Samsung terungkap beberapa waktu lalu melalui sebuah slide presentasi. Bukan cuma ide menyembunyikan kamera di balik layar, Samsung juga tengah mengembangkan teknologi lainnya seperti Fingerprint on Display (FoD), Under Panel Sendor (UPS), Haptic on Display (HoD), dan Sound on Display (SoD). Semuanya terangkum dalam slide berjudul Sensor Integrated Technology.

Sumber:  LetsGoDigital

(ryn/JPC)