Menpora dorong eSport bidik emas SEA Games

Jakarta (ANTARA News) – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mendorong Asosiasi eSports Indonesia (IeSPA) untuk merebut medali emas SEA Games 2019 yang akan berlangsung di Filipina pada November-Desember bagi kontingen Indonesia.

“Kami akan terus memantau karena perlombaan masih akan berlangsung pada November. Kami siapkan pelatnas dan melihat perkembangan mereka. Saya yakin IeSPA menargetkan emas itu,” kata Menpora selepas membuka Kejuaraan eSports Muda Nasional 2019 di Jakarta, Selasa.

Menpora mengatakan olahraga eSports masih mendapatkan tantangan terkait regulasi sebagai industri olahraga dan keberadaan mereka sebagai cabang olahraga yang diakui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

“Tantangan berikutnya adalah bagaimana eSports masuk kurikulum pendidikan karena kegiatan yang sebelumnya dianggap sebelah mata sekarang jadi masa depan, bahkan jadi kehidupan,” kata Menpora.

Ketua Umum IeSPA Eddy Lim mengatakan tim Indonesia membidik dua medali emas dari lima judul permainan yang akan dipertandingkan dalam SEA Games 2019.

“Semula, kami membidik empat emas karena merujuk permainan yang digelar dalam eksibisi Asian Games 2018. Ternyata, permainan-permainan itu dicoret. Jadi kami revisi target menjadi dua emas,” kata Eddy.

Tim eSports Indonesia, menurut Eddy, akan mengirim tiga atau empat tim yang akan bertanding pada dua judul gim yaitu “Dota 2” dan “Tekken 7”. “Untuk pertandingan “Mobile Legends”, kami masih berada di bawah kekuatan tim Filipina. Tapi, kami masih punya waktu untuk mempersiapkan dan saya minta para pemain untuk serius berlatih,” katanya.

Eddy mengharapkan keberlangsungan pembinaan eSports di Indonesia menyusul pertandingan resmi dalam kejuaraan multi-cabang olahraga seperti pertandingan eksibisi Olimpiade 2020, SEA Games 2021 di Vietnam, dan Asian Games 2022. “Kami tidak akan kekurangan pertandingan resmi dan itu merebut medali bagi Indonesia,” katanya.

Baca juga: Ekspansi ke Indonesia, Mineski siap majukan industri eSports tanah air

Baca juga: Final Indonesian eSport Games 26-27 Januari

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019