Menanti Realme U1 Masuk Indonesia, Intip Spesifikasi Gaharnya

JawaPos.com – Realme tampaknya makin serius menggarap pasar smartphone di Indonesia. Setelah sebelumnya membawa Realme 2 Series dan Realme C1 beberapa bulan lalu, kini pabrikan asal Tiongkok itu berencana memboyong smartphone terbarunya 10 Desember mendatang. Ya, dialah Realme U1.

Realme Indonesia telah membagikan bocoran poster terkait acara peluncuran Realme U1 tersebut. Realme U1 sendiri baru saja diluncurkan di pasar global beberapa hari lalu. India dipilih sebagai tempat kelahiran Realme U1. Realme U1 juga menjadi smartphone pertama Realme dari seri ‘U’ dengan kategori smartphone kelas menengah.

Bicara spesifikasi, Realme U1 hadir dengan spesifikasi yang terbilang wah. Untuk banderol harga yang disematkan, Realme U1 agaknya siap membawa gebrakan baru di pasar smartphone tanah air.

Realme U1, Realme U1 Indonesia, Realme U1 bocoranPoster peluncuran smartphone terbaru Realme U1 di Indonesia. (Istimewa/Realme)

Urusan jeroan, melansir laman GSMArena pada Sabtu (1/12), Realme U1 dibekali dapur pacu besutan MediaTek. Menariknya, Realme U1 menjadi smartphone pertama di India yang membawa prosesor Octa-core MediaTek Helio P70 dengan teknologi fabrikasi 12 nm. Bersanding dengan prosesornya, ada pengolah grafis atau GPU Mali-G72 MP3 GPU.

Selain chipset yang dipercayakan pada MediaTek Helio P70, Performa smartphone tersebut juga diimbangi dengan penyimpanan RAM 3 dan 4 GB serta internal storage 32 dan 64 GB. Masih dari aspek penyimpanan, Realme U1 bisa diekspansi ruang simpannya menggunakan slot MicroSD hingga 256 GB.

Realme U1 hadir dengan layar 6,3 inci dengan takik bergaya tetesan air atau Waterdrop Notch screen. Smartphone ini dari sisi layar hadir dengan aspek rasio 19,5:9 dengan resolusi Full HD Plus. Material layar dari Realme U1 yakni IPS LCD dengan balutan Gorilla Glass 3 untuk fungsi ketahanan.

Dari sisi desain, Realme U1 hadir dengan konsep bodi berkilauan. Pada bagian belakang, perangkat ini dibekali dengan material kinclong yang diselimuti Multi Layer Plastic back case. Sementara pada bagian tepiannya, Realme mempercayakan material Polycarbonate untuk membingkai sisi layarnya yang luas.

Realme U1, Realme U1 Indonesia, Realme U1 bocoranSmartphone terbaru Realme U1. (NDTV)

Dari sektor fotografi, Realme U1 dibekali dengan kamera utama 13 MP (f/2.2) + 2 MP (f/2.4). Berada di bagian depan, ada kamera selfie 25 MP dengan sensor Sony IMX576 (f/2.0) yang berfungsi juga sebagai fitur keamanan face unlock. Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) hadir pada perangkat ini di berbagai aspek seperti kamera, keamanan, dan fitur lainnya.

Perangkat smartphone terbaru Realme ini membawa baterai 3.500 mAh untuk kebutuhan konsumsi dayanya. Fitur keamanan always on fingerprint scanner juga tersemat di bagian belakang perangkat ini. Lainnya, Realme U1 mengusung sistem operasi Android Oreo 8.1 dengan User Interface (UI) ColorOS 5.2.

Urusan harga, di pasar global, Realme U1 dilempar ke pasaran dengan harga USD 170 atau setara dengan Rp 2,4 jutaan untuk varian RAM/ROM 3/32 GB. Sementara harga untuk varian tertingginya yakni USD 205 atau sekitar Rp 2,9 jutaan. Untuk Indonesia, berapa kira-kira harga perangkat ini, mau menebak?

(ryn/JPC)