Huawei Mate 20 Series Segera Meluncur di Indonesia, Catat Tanggalnya!

JawaPos.com – Huawei Mate 20 Series segera hadir di Indonesia. Kepastian tersebut langsung diumumkan pihak Huawei Indonesia. Dalam sebuah poster, Huawei mengumumkan bahwa peluncuran Mate 20 Series di Jakarta akan berlangsung 19 Desember mendatang.

Deputy Country Director Huawei Device Indonesia, Lo Khing Seng mengatakan, Mate 20 Series akan menjadi ‘pahlawan’ Huawei dalam merebut hati konsumen smartphone kelas premium di Indonesia. “Dengan inovasi yang kami bawa, ditambah kompetisi yang tidak sebesar di segmen entry level maupun medium range, Huawei punya peluang yang besar,” ujar Lo Khing Seng melalui keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com, Sabtu (1/12).

Lebih jauh, vendor yang gemar mengolok-olok brand lain itu menyebut bahwa Huawei sangat percaya diri dengan teknologi yang dihadirkannya. Hal ini berkat passion yang besar di sektor riset dan pengembangan. “Huawei kini terdepan dalam hal terobosan teknologi, seperti lahirnya chipset pertama dengan 7 nm dan dibekali dual Neural Processing Unit (NPU), triple camera Leica dengan lensa ultra-lebar, dan berbagai fitur premium yang disematkan di jajaran smartphone terbarunya,” klaim Lo Khing Seng.

Huawei Mate 20 Series Segera Meluncur di Indonesia, Catat Tanggalnya!Poster peluncuran Huawei Mate 20 Series di Jakarta. (Istimewa/Huawei)

Sebagaimana diketahui, Huawei Mate 20 Series terdiri dari Mate 20 (biasa), Mate 20 Pro, Mate 20 X, dan Porsche Design Huawei Mate 20 RS. Kendati pihak Huawei Indonesia telah memastikan bakal membawa perangkat Mate 20 Series ke Indonesia menjelang libur Natal dan Tahun Baru, namun untuk varian yang akan dibawa masih belum jelas. Apakah keseluruhan varian Mate 20 Series atau hanya salah satu atau beberapa di antaranya saja.

Seperti diberitakan sebelumnya, Huawei Mate 20 Series diungkap pada Oktober lalu di London, Inggris. Urusan spesifikasi, keseluruhan perangkat Huawei Mate 20 Series dibekali dengan chipset teranyar Kirin 980. Baik Huawei Mate 20 (biasa), Huawei Mate 20 Pro, serta Huawei Mate 20 X, perangkat tersebut selain dibekali dengan chipset terkini, Kirin 980, ketiganya juga sama-sama dibekali dengan internal storage atau ROM 128 GB.

Untuk Huawei Mate 20 (biasa) tersedia pilihan RAM 4 GB dan 6 GB. Sementara untuk Huawei Mate 20 Pro dan Mate 20 X, kedua smartphone tersebut hadir dengan RAM tunggal hanya 6 GB saja.

Pembeda lainnya antara ketiga perangkat Huawei Mate 20 Series adalah sektor layar. Untuk Huawei Mate 2 Pro justru hadir dengan layar menggunakan notch konvensional berbentuk memanjang. Sementara untuk Huawei Mate 20 (biasa) dan Huawei Mate 20 X hadir mengenakan layar lebih kekinian dengan notch menyerupai tetesan air. Bahkan untuk Mate 20 X, layarnya lebih lega dengan ukuran 7,2 inci ketimbang Huawei Mate 20 (biasa) dan Mate 20 Pro.

Spesfikasi lainnya dari Huawei Mate 20 Series adalah kamera. Untuk urusan kamera, vendor yang sebelum peluncuran Mate 20 Series sempat mengejek Samsung ini hadir dengan set-up triple main camera. Untuk Huawei Mate 20 (biasa), pada bagian belakang, perangkat ini hadir dengan kamera beresolusi masing-masing 16 MP, 12 MP, dan 8 MP.

Lebih canggih pada Huawei Mate 20 Pro. Seperti namanya, Huawei Mate 20 Pro dilepas dengan fitur kamera utama yang lebih advance, yakni 40 MP, 20 MP, dan 8 MP. Huawei Mate 20 X juga membawa set-up kamera utama yang sama dengan Huawei Mate 20 Pro.

Selain kamera, Huawei Mate 20 Series yang hadir dalam tiga varian itu memiliki perbedaan pada sektor konsumsi daya. Untuk Huawei Mate 20 (biasa) misalnya. Perangkat tersebut dilepas dengan baterai sebesar 4.000 mAh.

Sementara untuk Huawei Mate 20 Pro baterainya berukuran 4.200 mAh dan Huawei Mate 20 X dengan baterai 5.000 mAh. Persamaan untuk urusan baterai, yakni ketiganya sama-sama mengusung pengisian daya cepat alias fast charging.

Urusan kantong, untuk harganya di Indonesia memang belum jelas. Sebagai gambaran, kala peluncurannya Oktober lalu, smartphone tersebut dilepas Huawei seharga EUR 799 atau setara dengan Rp 14,1 jutaan untuk Huawei Mate 20 (biasa) varian RAM/ROM 4/128 GB. Sementara banderol EUR 849 atau sekitar Rp 15 jutaan untuk varian RAM/ROM 6/128 GB. Untuk Huawei Mate 20 Pro sendiri dilego dengan harga EUR 1.049 atau sekitar Rp 18,9 jutaan dan Mate 20 X seharga EUR 899 atau berkisar Rp 15,9 jutaan.

(ryn/JPC)