6.771 KK di Bekasi BAB Sembarangan, Kemenkes: Itu Luar Biasa Banyaknya

Jakarta – Kota Bekasi dikenal sebagai salah satu daerah yang telah memiliki infrastruktur yang mumpuni. Namun siapa sangka, masih banyak warganya yang memiliki kebiasaan BAB sembarangan.

“Warga Kota Bekasi yang masih BAB sembarangan tercatat 6.771 KK (Kepala Keluarga) dari 600.000 KK di Kota Bekasi. Saat ini sudah ada 2 kelurahan yang mendeklarasikan sebagai kelurahan ODF (Open Defeaction Free/ bebas dari BAB sembarangan), yaitu kelurahan Jatibening dan kelurahan Kota Baru,” ujar Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Bekasi, Vevie Herawati, dikutip dari detiknews.

Menurut Direktur Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI, dr Imran Agus Nurali SpKO, jumlah tersebut tergolong tinggi dan perlu dilakukan evaluasi secepatnya.

“6.000-an KK itu cukup tinggi ya, misal kita asumsikan satu kepala kepala keluarga ada 4 anggota. Dikalikan saja, itu luar biasa banyaknya,” tuturnya saat ditemui di Gedung Kementerian Kesehatan, Kamis (18/10/2018).

Imran menambahkan, saat ini akses sanitasi di seluruh Indonesia saat ini sebesar 76,71 persen dengan total keluarga kurang lebih 70 juta KK.

“Dari 33 provinsi di Indonesia, hanya satu provinsi yang dinyatakan sukses menerapkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yaitu D.I Yogyakarta. Dari sekian ratus kota dan kabupaten, tercatat baru 23 kota dan kabupaten yang 100 persen bebas dari BAB sembarangan,” tutupnya.

(up/up)Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.