Penting Bagi Orang Tua! Kenali Tiga Tanda Leukemia pada Anak

Jakarta – Kanker adalah penyakit yang tidak pandang usia. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalaminya, meskipun berbeda jenisnya.

Salah satu jenis kanker yang kerap diidap anak-anak adalah kanker darah atau leukemia. Kanker yang menyerang pabrik pembuat darah ini bisa memengaruhi sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.

Dokter hematologi onkologi anak dari RS Dharmais, dr Marurul Aisyi, SpA(K) mengatakan bahwa semua orang tua harus mengetahui tanda-tanda awal adanya leukemia pada anak. Yaitu 3P, pucat, panas, dan perdarahan.

“Sel darah merah berkurang, si anak akan terlihat pucat. Gejala pertama adalah pucat. Sel darah putih terdesak menurun, lebih mudah infeksi. Si anak mudah demam atau panas,” jelasnya di Gedung Adhyatma Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan, Selasa (16/10/2018).

“Trombositnya sama sekali nggak ada, akan terjadi bintik-bintik merah atau disebut perdarahan,” lanjut dokter yang akrab disapa Aisyi.

Selain tanda pucat, panas, dan perdarahan, ada lagi tanda-tanda pembesaran organ-organ tubuh lain. Ini disebabkan karena sifat sel kanker yang mudah menyebar.

Jika sel kanker menyebar ke hati, maka hati akan mengalami pembesaran. Selain hati, pembesaran juga bisa terjadi pada limfa, kelenjar getah bening, gusi, dan testis. Sel kanker juga bisa menyebar ke tulang yang dapat menyebabkan nyeri.

“Menyebar ke tulang akan nyeri dan jalannya pincang,” ungkap dr Aisyi.

Tonton juga ‘Immunotherapy Bisa Ungkap Persembunyian Sel Kanker’:

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/fds) Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.