Ajak Masyarakat Sadar Kesehatan, Anak-anak SD Cuci Tangan Bersama

Jakarta – Memperingati Global Handwashing Day (GHD) atau Hari Cuci Tangan Sedunia yang jatuh pada 15 Oktober, Lifebuoy mengajak siswa-siswa SDN Rawa Barat 05, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan untuk bersama-sama melakukan aksi cuci tangan bersama.

Melalui aksi Gerakan Gabung Aksi Indonesia Merdeka dari Kuman ini, Lifebuoy ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia mengambil tindakan nyata agar bebas dari kuman penyebab infeksi, serta membentuk perilaku cuci tangan dengan sabun yang bisa menyelamatkan banyak jiwa.

Dalam kesempatan tersebut Head Of Marketing Skin Cleansing and Baby Care Unilever Indonesia, Arya Bahupringga, mengatakan akan menargetkan hingga 100 juta tangan sampai tahun 2020.

“Harapannya masyarakat bisa hidup lebih sehat dan sejahtera dan mencuci tangan menggunakan sabun,” ujar Arya saat konferensi pers, Senin (15/10/2018).

Senada dengan Arya, Dokter gigi Wara Pertiwi Osing mengatakan gerakan ini mendorong masyarakat berperilaku hidup sehat serta mendorong sekolah untuk mengupayakan kesehatan lingkungannya, seperti melakukan sarapan bersama, cuci tangan bersama, gosok gigi bersama, peregangan di sela-sela pelajaran bersama dan lain-lain.

“Upaya (edukasi Lifebuoy) sangat bagus karena dukungan-dukungan ini terus berkesinambungan dari masyarakat. Kami sangat mendukung program cuci tangan menggunakan sabun,” ujar drg Wara.

Di lain pihak, Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia Ketua (Persi)dr. Kuntjoro AP, M.Kes mengatakan rumah sakit juga menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Jika di rumah sakit sudah diberlakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ya, penularan penyakit itu kebanyakan dari tangan. Jika ada yang masuk ICU, tidak hanya pakai jubah hijau tetapi harus cuci tangan juga,” ungkap dr Kuntjoro.

Brand ambassador Titi Kamal juga selalu menjaga nutrisi anak agar selalu sehat. Selain itu juga menjaga kebersihannya seperti cuci tangan memakai sabun, serta mengedukasi anak juga dengan cara yang menyenangkan dengan buku cerita bahkan lagu-lagu.

“Sejak beberapa tahun ini, Lifebuoy sangat konsisten dengan gerakan cuci tangan dengan sabun ini. Dan ini bisa menjadi kebiasaan secara terus menerus dan semoga ini selalu berjalan terus di masyarakat,” ujar Cristian Sugiono yang juga brand ambassador Lifebuoy.

Acara edukasi Lifebuoy berlangsung sangat meriah. Pertama, para siswa diberikan edukasi 6 langkah cuci tangan menggunakan sabun dengan baik oleh Dokter Cilik (Dokcil). Setelah itu, para Dokcil dan tamu undangan beserta brand ambassador melakukan pledging cuci Tangan.

Lalu mereka meletakkan tangan ke baki cat yang sudah di sediakan dan menempelkan tangan ke pledging board. Mereka pun persilakan cuci tangan dengan sabun Lifebuoy dan air mengalir, serta tidak lupa mengeringkan dengan lap atau tisu. (mul/mpr)

Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.