Kanker Paru Seperti Diidap Istri Indro Paling Banyak Menyerang Pria

Jakarta – Istri Indro ‘Warkop’, Nita Octobijanthy, meninggal dunia setelah bergelut dengan kanker paru. Jenis kanker yang diidapnya ini tercatat sebagai kanker yang paling banyak menyerang pria.

“(Pada pria) Kanker paru masih tertinggi sejumlah 14 persen,” kata Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Prof Dr dr Aru Wicaksono Sudoyo, SpPD, KHOM, FINASM, FACP, ditemui di Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (9/10/2018).

Riset GLOBOCAN menyebut 14 persen kasus baru kanker pada pria pada 2018 adalah kanker paru, yakni 22.440 kasus. Kanker kolorektal menempati urutan berikutnya dengan 11,9 persen atau 19.113 kasus.


Sedangkan para perempuan, kanker payudara paling banyak ditemukan yakni 30,9 persen atau 58.256 kasus. Kanker leher rahim (serviks uteri) menyumbang 17,2 persen atau 32.469 kasus.

Bicara soal penyebab, kanker paru dipengaruhi oleh multi faktor. Termasuk dalam faktor risiko antara lain adalah riwayat sebagai perokok aktif maupun pasif, paparan gas radon, dan bahan karsinogenik lain seperti asbestos.

Mayo Clinic menyebut ada beberapa faktor risiko tidak bisa dikendalikan seperti riwayat keluarga serta genetik. Namun banyak pula faktor risiko lain yang bisa dikontrol, antara lain dengan berhenti merokok.

(up/up) Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.