Tak Disangka, Ternyata Bandara Jadi Tempat Terjorok di Dunia

Jakarta – Bandara menjadi saksi dari jutaan manusia dari seluruh dunia yang datang silih berganti. Tentu saja wajar jika jutaan patogen juga ikut masuk ke dalam bandara, sehingga membuat bandara memiliki banyak area yang sangat jorok.

Dalam sebuah studi yang dilakukan dari Finlandia, terungkap bahwa tempat sampah plastik yang tersebar di berbagai sudut bandaralah yang menjadi tempat terjorok. Mereka mengoleksi sampel dan menyeka beberapa permukaan, seperti pegangan tangga atau meja konter pelanggan di Bandara Helsinki-Vantaa Finlandia.
Hasil menunjukkan adanya rhinovirus, sebuah virus yang bisa menyebabkan demam dan flu, merupakan virus yang sering ditemukan di area-area yang mudah diakses penumpang di bandara. Baki plastik yang digunakan pada checkpoint bandara menjadi pelaku utama penebaran virus tersebut.

“Sekitar 50 persen virus tersebut ditemukan di baki plastik. Bukti virus-virus pernapasan ditemukan di 10 persen area yang sering disentuh di bandara. Yang mengejutkan, tim tidak menemukan adanya bukti virus-virus patogen di toilet bandara,” tulis studi tersebut, demikian dilaporkan LiveScience.


Lalu, apakah kita berisiko sakit dengan kerap menyentuh tempat-tempat tersebut? Disebutkan oleh Philip Tierno, seorang profesor mikrobiologi dan patologi di NYU Langone School of Medicine, bahwa jawabannya cukup rumit.

“‘Patogenisitas’ dari sebuah kuman, yang dalam kata lain adalah kemampuan untuk menyebabkan penyakit, harus diimbangi dengan respon imun dari seseorang yang berkontak dengannya. Lansia dan orang-orang dengan sistem imun yang lemah berisiko tinggi sakit,” lanjutnya.

Para peneliti studi tersebut menyarankan untuk rajin mencuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah makan dan minum agar terhindar dari paparan bakteri patogen. Selain itu, Prof Tierno juga menambahkan untuk menangani dengan baik apabila memiliki luka terbuka dan mengenakan masker.

(frp/fds) Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.