Selama Asian Para Games, TransJakarta Gratis Setiap Sabtu-Minggu

Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggratiskan bus TransJakarta bagi masyarakat yang ingin menyaksikan pertandingan Asian Para Games di lokasi. Bus TransJakarta gratis tersebut hanya berlaku Sabtu dan Minggu.

“Jadi nanti pada saat perhelatan Asian Para Games akan menggratiskan penggunaan Transjakarta di hari Sabtu dan Minggu. Sehingga warga DKI akan mudah untuk menjangkau lokasi,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu, 9 September 2018.

Asian Para Games akan digelar 6 hingga 13 Oktober 2018 di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Jakarta International Velodrome, dan JIExpo. Indonesia merupakan tuan rumah ketiga Asian Para Games.

Perhelatan pesta olahraga untuk para atlet difabel itu pertama kali diadakan di Guangzhou, China pada 2010. Asian Para Games kedua berlangsung di Incheon, Korea Selatan pada 2014.

Cabang olahraga yang akan dipertandingkan nanti antara lain; panahan, atletik, badminton, boccia, bowling, catur, balap sepeda, goal ball, judo, bowling lapangan, angkat besi, shooting, renang, tenis meja, voli duduk, basket kursi roda, panahan kursi roda, dan tenis kursi roda.

Dari cabang-cabang itu, ada dua yang diciptakan khusus untuk atlet difabel. Cabang olahraga (cabor) itu adalah boccia dan goalball.

Baca: Api Asian Para Games Singgah di Kedaton Kesultanan Ternate

Indonesia akan mengirimkan wakil untuk semua cabor. Saat ini sudah 300 atlet yang mendaftar menjadi peserta.

Sementara itu, Jakarta sebagai tuan rumah diakui Anies siap melaksanakan Asian Para Games. “Alhamdulillah dari sisi persiapan kami sudah siap (melaksanakan Asian Para Games), karena ini meneruskan dari apa yang kita persiapkan pada Asian Games kemarin,” pungkas dia. 

(DMR)