Korut Gelar Parade Militer Besar-besaran Peringati HUT Ke-70

PEMIMPIN Korea Utara Kim Jong-un pada hari ini, Minggu (9/9/2018), memimpin parade militer besar-besaran memperingati hari jadi ke-70 tahun negaranya. Berbeda dengan perayaan-perayaan sebelumnya, Kim tidak menyampaikan pidato di hadapan kerumunan massa yang berkumpul di Lapangan Kim Il-sung, di ibu kota Pyongyang.

Parade ini menampilkan tank, rudal, dan beragam unit dari semua cabang militer Korea Utara, tetapi tidak menampilkan rudal-rudal paling canggih yang dimiliki negara yang terisolasi itu. Sebaliknya, parade lebih menekankan pada langkah-langkah membangun perekonomian negara tersebut.

BERITA TERKAIT +

Kim Jong-un. (Foto: AFP)

Parade militer ini berlangsung pada saat sensitif bagi Korea Utara, yang sedang berupaya meredakan ketegangan dengan Amerika pasca KTT bersejarah antara pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Amerika Donald Trump di Singapura 12 Juni lalu.

Kedua pemimpin ingin mencapai sejumlah perjanjian sebelum dimulainya perundingan putaran baru. Washington ingin Pyongyang berkomitmen pada denuklirisasi, sementara Pyongyang menuntut jaminan keamanan dan konsesi-konsesi lain lebih dulu sebelum melucuti persenjataan nuklirnya.

(han)