Pemprov DKI Akan Buka Lowongan CPNS 2018

Ilustrasi CPNS. MI/Ramdani

Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Namun, belum diketahui jumlah lowongannya, karena masih menunggu ketetapan dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negaran dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

“Akan kami buka, tapi formasinya belum turun dari Kemenpan RB,” kata Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta Budihastuti, Sabtu, 9 September 2018.

Budihastuti mengatakan, penerimaan CPNS di lingkup Pemprov DKI disetujui Kemenpan RB. Sejauh ini formasi yang telah diumumkan oleh Kemenpan RB baru untuk lowongan CPNS di luar Pulau Jawa.

“Yang baru dikasih formasi luar Jawa, yang Jawa semua belum. Insya Allah (segera ditetapkan formasinya),” kata dia.

Terkait bidang yang dibutuhkan, Budihastuti menyebut Pemprov DKI banyak membutuhkan tenaga di bidang pendidikan, kesehatan dan teknis.

Baca: Pemerintah Buka Pendaftaran 17.928 Lowongan CPNS

Pendaftaran CPNS rencananya akan segera dibuka September ini. Pengumuman seputar seleksi CPNS 2018 secara resmi telah disampaikan Menpan-RB Syafruddin.

Ada 238.015 lowongan CPNS tersedia untuk diperebutkan oleh pelamar pada tahun 2018 ini. Rinciannya yakni 51.271 untuk instansi pusat dan 186.744 untuk instansi daerah.

CPNS yang terpilih untuk instansi pusat nantinya akan ditempatkan di 76 kementerian/lembaga. Sementara untuk CPNS di instansi daerah ditempatkan di 525 pemerintah daerah, baik di tingkat provinsi, kabupaten, maupun kota.

Tahap pendaftaran dan verifikasi administrasi akan dilakukan pada minggu kedua September hingga minggu kedua Oktober 2018. Pendaftaran akan dilakukan serentak secara online melalui portal sscn.bkn.go.id. Calon pelamar hanya diperbolehkan mendaftar pada satu instansi pemerintah dan satu formasi jabatan.

(YDH)