Ditusuk Saat Berkampanye, Kandidat Presiden Brasil dalam Kondisi Serius

JUIZ DE FORA – Kandidat favorit dalam pemilihan presiden Brasil, Jair Bolsonaro dilaporkan berada dalam kondisi yang serius setelah ditusuk saat melakukan kampanye pada Kamis. Dokter mengatakan, luka yang diderita pria berusia 63 tahun itu berpotensi membahayakan nyawanya.

“Luka internalnya sangat serius dan membahayakan nyawa pasien,” kata Dokter Luiz Henrieque Borsato yang melakukan operasi terhadap Bolsonaro sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (7/9/2018).

BERITA TERKAIT +

BACA JUGA: Calon Presiden Brasil, Bolsonaro Ditusuk Saat Berkampanye

Penusukan yang terjadi di Kota Juiz de Fora itu merupakan kejutan dalam pemilihan Brasil yang sulit ditebak. Insiden ini juga dikhawatirkan dapat memicu kerusuhan dan kekerasan di seluruh Brasil.

Bolsonaro, seorang pensiunan kapten tentara dan anggota Partai Sosial Liberal adalah sosok kontroversial dalam perpolitikan Brasil. Dia dikenal sering mengkritik para pelaku hubungan sesama jenis dan menunjukkan simpati pada pemerintahan diktator Brasil yang berlangsung dari 1964-1985.

Putra Bolsonaro, Flavio mengatakan, ayahnya tengah mendapatkan perawatan dan menyatakan bahwa kejadian ini merupakan dorongan politik yang besar.

BACA JUGA: Lula da Silva Dilarang Bertarung dalam Pilpres Oktober Mendatang

Kekerasan politik merupakan hal yang sering terjadi di Brasil. Pada pemilihan dewan kota di Baixada, Fluminense 2016, setidaknya 13 politisi dan kandidat dibunuh sebelum pemungutan suara diakukan. Meski begitu, kekerasan terhadap tokoh politik nasional termasuk langka.

Polisi telah menangkap pelaku penyerangan terhadap Bolsonaro yang diidentifikasi sebagai Adelio Bispo de Oliveira. Polisi mengatakan bahwa pria berusia 40 tahun itu mengalami gangguan mental dan tidak tahu apakah serangan terhadap Bolsonaro memiliki motif politik.

(dka)